Senin, 09 April 2018

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

Cara membuat surat lamaran kerja yang bagus dan benar akan saya ulas dalam postingan referensi contoh surat di kesempatan kali ini.


Panduan Menulis Surat Lamaran Pekerjaan


Pada tulisan kali ini, akan kami berikan beberapa contoh surat lamaran kerja bagi anda yang masih belum beekrja dan ada keinginan untuk bekerja di sebuah perusahaan tapi masih bingung bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang bagus agar lamaran kerja yang anda ajukan bisa dipertimbangkan oleh mereka.

Untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus sesuai dengan yang anda inginkan di sebuah perusahaan, anda wajib mengajukan surat lamaran kerja. Kecuali kalau anda ingin buka usaha sendiri atau ingin bekerja sebagai petani, anda tidak perlu membaca artikel ini sampai habis.

Untuk membuat surat lamaran kerja yang bagus, anda harus memperhatikan struktur dan format yang baik untuk sebuah surat lamaran kerja.


Format Surat Lamaran Kerja


Tanggal Penulisan

Contoh:
Jakarta, 23 September 2012

Nama Dan Alamat Penerima Surat

Contoh:
Kepada Yth,
Bapak Prof.Ir. Hasan Al-Banna, Lc, MA
Rektor Universitas Lipia Jakarta
Jl. Buncit Raya No.5A, Ragunan, Pasar Minggu
Kota Jakarta Selatan 12540

Salam Pembuka

Contoh:
Dengan hormat,

Kalimat Pembuka

Contoh:
Melalui surat ini saya, Muhammad Adnan Syarif, ingin mengajukan lamaran pekerjaan sebagai staf pengajar (dosen) di Universitas Ibnu Su’ud LIPIA Jakarta untuk mata kuliah ushul fiqh, ilmu tafsir dan ilmu hadits.

Sesuai dengan informasi yang saya baca di ………………pada  tanggal …….. Maka, saya bermaksud untuk mendaftar pada perusahaan Bapak.

Kalimat Isi

Contoh:
Saya lulus dari program sarjana untuk bidang Syari’ah di Universitas Islam Madinah Al-Munawwarah, Madinah – Arab Saudi pada tahun 2008, dan lulus dari program Magister Universitas Islam Madinah pada tahun 2012 untuk pembidangan ushul fiqh. Kemudian mengambil program S3 bidang ushul fiqh dan selesai pada tahun 2016.

Sebagai bahan pertimbangan, saya mempunyai pengalaman mengajar di beberapa perguruan tinggi islam di jakarta. Berdasarkan pengalaman saya selama ini, saya yakin bila saya dapat memenuhi ekspetasi yang anda harapkan dari saya.

Bersama surat lamaran ini, saya lampirkan curriculum vitae, foto copy ijazah dan transkrip nilai, fotocopy KTP, dan foto terbaru.

Kalimat Penutup

Contoh:
Demikianlah surat lamaran ini saya buat. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Tanda Tangan dan Nama Lengkap Penulis Surat

Contoh:
hormat saya,

Muhammad Adnan Syarif

Berbicara mengenai dunia kerja, saat ini untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus sangat sulit. Selain persaingan yang semakin ketat, perusahan juga menuntut agar kita mempunyai pengalaman kerja dan skill di atas rata-rata. Jadi selain CV yang menarik, hal-hal internal juga sangat dipertimbangkan untuk diperhatikan.

Surat lamaran kerja yang anda buat sangat berpengaruh dengan peluang anda diterima di sebuah perusahaan. Mereka akan menilai surta lamaran yang anda buat, seperti kerapihan tulisan (margin, rata tulisan), format, dan kreatifitas.

Contoh Surat Lamaran Yang Bagus


Jakarta, 8 September 2017

Hal: Lamaran pekerjaan

Yang Terhormat,
Kepala HRD PT. Digital Permai
Jl. Sungai Takwa Iman No. 13a
Jakarta Utara

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Digital Permai yang saya baca dari koran Republika pada tanggal 7 september 2017. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan Bpk / Ibu Pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian digital marketing dengan kode (DM) di perusahaan PT. Rumah Iman.

Nama : Muhammad Adnan Syarif
Tempat / tgl. Lahir : Semarang, 08 Oktober 1991
Pendidikan Terakhir : S2 manajemen Pemasaran
Alamat : Jl. Penawaran No. 202
Telepon (HP) : 0812-2013-9876
Status : Belum Menikah

Saat ini saya dalam keadaan sehat wal afiat. Sebagai tambahan informasi, saya juga fasih berbahasa Arab dan Inggris dengan fasih. Saya selalu bekerja keras dan jujur. Latar pendidikan saya sangat memuaskan. Saya juga dapat mengoperasikan komputer baik itu berbasis windows atau linux, mengusai big data dan program-program marketing online seperti Insight Zilla dan The Graph. Saya juga bisa membuat dan mengembangkan website.

Sebagai bahan pertimbangan, saya juga lampirkan:

1. Foto copy Ijazah S1 dan S2
2. Foto copy transkrip nilai
3. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan
4. Pas photo terbaru

Kesempatan wawancara dari bapak / ibu  HRD sangat saya tunggu agar saya dapat menjelaskan lebih detail tentang kemampuan dan Potensi yang saya miliki untuk membantu kemajuan perusahaan yang bapak pimpin.

Demikian surat lamaran ini, saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak .

Hormat saya,


Muhammad Adnan Syarif


Contoh Surat Lamaran Kerja Umum


Bandung, 18 Februari 2017



Kepada Yth,

HRD PT. ………….

di Tempat



Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi pada website resmi Perusahaan, bahwa PT …………..   membutuhkan tenaga  kerja sebagai …………. , maka yang bertanda tangan dibawah ini, saya:

Nama                                    : Try Firmansyah S.T

Alamat                                  : Desa Jatimakmur RT.05 RW.10 Bandung

Tempat, Tanggal lahir           : Bandung, 5 Agustus 1987

Pendidikan Akhir                  : Strata 1 (S1)

Nomor Handphone              : 08567492989

Email                                     : styfirman009@gmail.com

Status Pernikahan                 : Belum menikah

Bermaksud untuk melamar kerja di PT……………. sebagai………… Bersama ini, sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya. Untuk itu saya lampirkan berkas berupas :

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy KTP
2. Foto copy ijazah S-1 (legalisir)
3. Foto copy Transkrip Nilai (legalisir)
4. Pass photo terbaru

Besar harapan saya untuk dapat bergabung pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,


Nama Lengkap

Surat Lamaran Kerja Profesional


Surakarta,10 November 2018

Hal : Lamaran Pekerjaan.

Kepada Yth.

Bapak / Ibu Pimpinan (HRD)

………….

Di

Tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya informasi yang memberitakan bahwa saat ini Perusahaan Bapak/Ibu Pimpin membutuhkan beberapa karyawan untuk di tempatkan di perusahaan Bapak/Ibu Pimpin. Dengan ini saya sangat tertarik dan berminat untuk ikut bergabung di Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin pada jabatan : ………….

Saat ini saya berusia …………. tahun dan sudah menyelesaikan Ujian …………. , …………. .



Saya tidak memiliki ikatan kerja formal dengan perusahaan manapun, sehingga saya dapat bekerja secara maksimal pada perusahaan ini, baik dalam team maupun individual, dapat berkomunikasi dengan baik, jujur, bertanggung jawab dan saya juga menyukai tantangan dalam hal-hal yang baru.

Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak/Ibu Pimpinan bersama dengan lamaran ini turut saya lampirkan:

1 Surat lamaran Kerja :  ………….Lembar
2 Daftar Riwayat Hidup (CV) :  ………….Lembar
3 Photo copy Transkrip Nilai :  ………….Lembar
4 Photo copy Surat Keterangan Tanda Lulus :  ………….Lembar
5 Photo copy KTP :  ………….Lembar
6 Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 :  ………….Lembar
7 Pas foto berwarna ukuran 2 x 3 :  ………….Lembar
8 Photo copy Sertifikat :  ………….Lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk dapat diterima bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Nama Pelamar

Surat Lamaran Kerja Sesuai EYD


Jakarta, 8 Juli 2017

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,

Manajer Sumber Daya Manusia

PT. Gilland Ganesha

Jl. Raya Kebon Durian No. 11

Jakarta Timur

Dengan hormat,

Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Gilland Ganesha, seperti yang termuat di harian Kompas tanggal 6 Juli 2017. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. Gilland Ganesha.

Data singkat saya, seperti berikut ini.

Nama                                        : Yahya Agustina

Tempat, Tanggal Lahir              : Cirebon, 16 April 1990

Usia                                           : 21 tahun

Pendidikan Terakhir                  : STMIK AMIKOM (S1)

Alamat Asal                               : Kelurahan Gede Bage, Kota Cirebon

Domisili                                     : Jl.Perjuangan, No. 1 Sunyaragi Cirebon

Telepon                                      : 08522703xxxxx

Email                                         : darone_teater@gmail.com

Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Excel, Word, Acces, PowerPoint, OutLook, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

Daftar Riwayat Hidup.
Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
Pas foto terbaru.

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,



Nama Pemohon


Itulah beberapa contoh surat lamaran kerja yang diharapkan berguna bagi kalian yang sedang mencari pekerjaan.

0 komentar

Posting Komentar