Senin, 04 November 2019

Contoh Surat Permohonan Maaf

Permohonan maaf ada kalanya perlu disampaikan melalui bentuk tertulis. Lalu bagaimana cara menulis surat permohonan maaf yang baik dan benar? Berikut ini saya akan mengulasnya untuk Anda.

Tentang Surat Permohonan


Seperti yang sudah diketahui bahwa surat permohonan berisi tentang sebuah permintaan tentang sesuatu hal kepada pihak yang bersangkutan, perseorangan, badan atau lembaga, organisasi, perusahaan atau instansi dan lainnya. Dalam pembuatannya surat permohonan sendiri memiliki banyak sekali tujuan seperti: memohon izin, meminta bantuan, permohonan kerjasama dan lainnya. Sebagai contohnya ada banyak sekali surat permohonan yang memiliki tujuan yang berbeda-beda seperti:

  • Surat permohonan izin
  • Surat permohonan cuti
  • Surat permohonan kerjasama
  • Surat permohonan beasiswa
  • Surat permohonan mengadakan suatu kegiatan
  • Surat permohonan sponsor
  • Surat permohonan kehadiran
  • dan lain-lain.

Selain itu surat permohonan juga berfungsi sebagai bukti tulis bahwa kita melakukan atau membuat permohonan yang diberikan kepada pihak yang bersangkutan agar sesuatu tujuan yang kita sampaikan tersebut dapat tercapai dengan bantuan dari pihak lain dengan lancar.

Seperti pada surat resmi pada umumnya, dalam pembuatan surat permohonan juga harus memenuhi beberapa kriteria atau syarat yang telah ditentukan.

Contoh surat permohonan


Setelah mengetahui beberapa hal penting dalam pembuatan surat permohonan, maka kini anda hanya tinggal membuatnya. Sebagai contohnya berikut beberapa contoh format penulisan surat permohonan yang baik dan benar.


Surat Permohonan Maaf


SURAT PERMOHONAN MAAF

Jakarta, 14 September 2013


Kepada
Yth. Pimpinan Toko Alat tulis “Sumber Jaya”
Di Tempat

Dengan hormat,

Melalui surat ini, kami yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama        : Anin
Jabatan    : Pimpinan PT. Buku Tulis Jaya

Bermaksud untuk menyampaikan permohonan maaf kepada pimpinan Toko Alat Tulis “Sumber Jaya” atas kekeliruan pengiriman barang yang terjadi pada tanggal 10 September 2013 lalu.

Kekeliruan tersebut murni atas kesalahan pihak perusahaan kami dan akan kami pertangungjawabkan seluruh kekeliruan tersebut. Untuk mekanisme pertangungjawaban akan kami sampaikan lebih lanjut melalui email toko saudara.

Demikian surat permohonan maaf ini kami sampaikan. Atas perkenannya kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami


ttd

Anin


Contoh Surat Permohonan Maaf


Cianjur, 18 April 2012 No             : 1/I/AKPER/PBL/2012
Lampiran : –
Perihal     : Klarifikasi dan Permohonan Maaf

Kepada
Yth. Kepala Desa Hegarmanah dan Seluruh Warga RW 03 Desa Hegarmanah
Di Tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan kabar dari sebagian warga yang sampai kepada kami selaku Mahasiswa, terkait masalah pendataan yang tidak menyeluruh terhadap seluruh warga. Kami bermaksud untuk mengklarifikasi dan meminta maaf yang sebesar-besarnya atas kekurangan kami dalam pelaksanaan pendataan tersebut.

Adapun alasan nya sebagai berikut :

Kekurangan kami dalam mengenal wilayah Desa Salam Nunggal, sehingga ada beberapa wilayah terpencil yang secara tidak sengaja terlewatkan.

Ketidaktepatan waktu kami dalam pendataan bertepatan dengan jam kerja warga, sehingga pada saat pelaksanaannya ada sebagian warga yang tidak berada di tempat.

Keterbatasan waktu yang kami miliki, sehingga pendataan yang kami lakukan kurang maksimal.
Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas segala perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat Kami,

Ketua Kelompok RW 03 Desa Hegarmanah

Ahmad Hidayat
NIM. D009.003

Surat Permohonan Maaf karena Kekosongan Barang


Yogyakarta, 19 Januari 2013 Kepada,
Yth. Manager Produksi PT. Berkah Ibu
Jln. Kusumaningati No.87 Yogyakarta
--------------------------------------------------

Dengan hormat,
Terima kasih kami ucapkan atas kepercayaan Anda mengajukan pemesanan pada kami tertanggal 10 Januari 2013. Semua produk yang tertera dalam formulir pemesanan telah kami antarkan sesuai dengan petunjuk yang Anda berikan. Fotokopi rekening, kami lampirkan sebagai tanda bukti. Namun dengan sangat menyesal, kami tidak dapat mengirimkan pesanan 10 kusen pintu kayu jati ukir karena barang tersebut baru akan tersedia bulan depan.

Kekosongan barang adalah akibat tertundanya produksi karena jenis bahan yang biasa digunakan tidak tersedia. Anda adalah pelanggan tetap kami dan telah bekerja sama cukup lama. Kami harap permasalahan kami ini dapat dimaklumi dan Anda bersedia untuk menunggu produk tersebut selama satu bulan. Salam hangat.

Hormat kami,


Dian Aryani, S.T
Manager Pemasaran PT. DARA TIGA
Lampiran: Rekening No. 1920938278xx

Surat Permohonan Maaf Resmi Perusahaan


PT. BINA MEMBANGUN INDONESIA
“Integrated Property Services”
Jl. Kapeten Surtamin, No. 319, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan
Telp. 021 77712892, Fax 021 77712891
-----------------------------------------------------------


No. : B/112/BBI/02/2016
Lampiran : –

Kepada Yth.
Seluruh Tenant
Gedung Menara BBI
Jl. Kapeten Surtamin, No. 334, Jakarta

Up. : Bapak/Ibu Pimpinan

Perihal : Permohonan Maaf Gangguan Air
Dengan Hormat,

Bersama ini, kami pengelola gedung ingin menyampaikan permohonan maaf atas adanya gangguan aliran air bersih di public area kantor Bapak/Ibu di Gedung Menara BBI. Berdasarkan informasi yang kami terima dari PT. Palyja (PAM) bahwa Instalasi Pipa Air Utama pecah pada pukul 22.00 WIB. Hal ini mengakibatkan terganggunya proses pendistribusian air bersih PT. Palyja (PAM) pada hampir seluruh wilayah di Jakarta termasuk di Gedung Menara BBI.

Sebagai informasi bahwa kami juga sudah menyalakan cadangan air bawah tanah (deep well) mulai pukul 07.45 WIB hari ini namun tidak mampu memenuhi kebutuhan air bersih seperti biasanya.
Berkenaan dgn hal tersebut di atas, sekali lagi kami sampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya karena kejadian tersebut telah menimbulkan ketidaknyamanan dan mengganggu kegiatan operasional di perusahaan Bapak/Ibu. Kami dan PT. Palyja (PAM) akan berusaha semaksimal mungkin agar gangguan ini dapat teratasi secepatnya.

Demikian kami sampaikan, atas perhatian serta kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Jakarta, 4 Oktober 2016

Evant Kurniiawan Bachdim
Manager

Tembusan:
  • Manager
  • Manager OC
  • Palyja (PAM)

Itulah contoh surat permohonan maaf atas berbagai hal, semoga referensi ini dapat dijadikan sebagai bahan wawasan.

0 komentar

Posting Komentar